PELAKSANAAN KEGIATAN PELAYANAN SOSIAL BAGI EKS DISABILITAS MENTAL SEKSI PELINDUNGAN DAN REHABILITASI SOSIAL BINA LARAS BALAI REHABILITASI SOSIAL BINA KARYA DAN LARAS DINAS SOSIAL DIY

 


     Permasalahan sosial khususnya penyandang disabilitas mental menjadi tanggung jawab Pemerintah dan Masyarakat. Untuk terciptanya kualitas kehidupan yang sesuai dengan nilai-nilai normatif dalam masyarakat pada penyandang disabilitas mental perlu diupayakan secara berkelanjutan dan terpadu. Salah satu upaya untuk mewujudkannya adalah dengan adanya kegiatan rehabilitasi sosial  bagi orang eks-psikotik di dalam balai. Maka perlu diadakan Bimbingan Mental Sosial, Psikolog dan Bimbingan  Ketrampilan serta pelayanan lainnya di Balai Rehabilitasi Sosial Bina Karya dan Laras Yogyakarta, dengan harapan supaya PPKS) dapat memiliki kemandirian dan ketrampilan sehingga dapat berfungsi sosial serta dapat diterima di masyarakat.



Adapun jenis kegiatan bimbingan mental berupa:

1.       Bimbingan Agama Islam

2.       Bimbingan Agama Kristen

3.       Senam

4.       Seni Musik

5.       Etika dan Kesehatan Lingkungan

6.       Bimbingan Kesehatan Jiwa

7.       Terapi Okupasi

8.       Bimbingan Terapi Religius

9.       Bimbingan Psikolog


                Serta jenis kegiatan bimbingan keterampilan berupa:

1.       Pertukangan Batu

2.       Pertanian

3.       Kerajinan Pembuatan Sapu

4.       Kerajinan Olahan Pangan

5.       Pijat Dasar

6.       Kerajinan Batik Jumputan


                Maksud diadakannya rehabilitasi ini selain untuk mengisi waktu luang WBS adalah melatih kemandirian penyandang disabilitas mental sehingga  mampu melaksanakan peran dan fungsi sosialnya secara wajar, memberikan perlindungan, pelayanan dan rehabilitasi sosial bagi penyandang disabilitas mental, serta mampu mengelola kejiwaannya sehingga tidak sering kambuh. Dengan terlaksananya kegiatan Pelayanan Sosial bagi Penyandang disabilitas mental besar harapan WBS mampu dan memiliki kemandirian setelah kembali ke keluarga dan dapat bersosialisasi dengan lingkungannya.


Pelaksanaan kegiatan bimbingan mental sosial diikuti oleh warga binaan sosial penyandang disabilitas mental yang masih dapat beraktivitas, berkomunikasi dan bersosialisasi. Tidak semua warga binaan dapat mengikutinya karena masih ada WBS yang masih belum bisa berkomunikasi serta bersosialisas. Dalam memberikan bimbingan dan kesehatan warga binaan kami bekerjasama dengan Instansi terkait dan Praktisi antara lain Rumah Sakit Ghrasia, RS RSA UGM, RS Sarjito, Panti Hafara, Puskesmas Kalasan, Bapel Jamkesos dan Pengusaha serta Praktisi.


Bagi Warga Binaan Sosial di Balai Rehabilitasi Sosial Laras selama mengikuti kegiatan bimbingan juga mendapatkan hak seperti memperoleh makanan, obat-obatan, peralatan dan bahan kebersihan, serta pakaian.

Kegiatan Keterampilan PPKS Bina Laras antara lain bisa dilihat pada gambar dibawah ini:








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages