KARYA BAKTI TNI SATKOWIL KORAMIL 02/TEGALREJO BERSAMA PPKS GEPENG BRSBKL KERJA BAKTI MEMBERSIHKAN LINGKUNGAN DI BALAI RSBKL DINAS SOSIAL DIY


BRSBKL - Dalam rangka mengembangkan peran serta masyarakat dan institusi lain peduli terhadap Pelayanan pertolongan pekerjaan sosial di Balai RSBKL Dinas Sosial DIY dalam praktiknya senantiasa melaksanakan usaha kemitraan dengan berbagai institusi pemerintah,seperti Kelurahan, Kecamatan, Koramil, Polisi Sektor serta Lembaga Perguruan tinggi dan LKS terkait lainnya. Usaha tersebut merupakan upaya membangun Kerjasama di dalam meningkatkan pengembangan kualitas layanan serta menjaring potensi sumber kemasyarakatan yang dapat dijadikan modalitas bagi pemberdayaan PPKS ke arah menumbuhkembangkan kemampuan sosial berupa adaptasi dengan norma-norma yang berlaku dimasyarakat sehingga diharapkan PPKS mendapatkan keberfungsian sosialnya. Selain itu, usaha kemitraan tersebut merupakan suatu metode menggerakkan peran serta aktif  institusi lain tersebut dan masyarakat luas turut serta memberikan kontribusi dalam program pelayanan kesejahteraa sosial secara aktif dan dinamis di BRSBKL Dinas Sosial DIY.

                      

        Salah satu kemitraan adalah dengan jajaran TNI yang diwujudkan dengan pengembangan intervensi pengembangan sikap mental kedisiplinan, Kerjasama, pengembangan sikap kekeluargaan dan bela negara melalui Bimbingan Sikap Mental yang diampu oleh petugas BABINSA dari KORAMIL 02 Tegalrejo. Selain Bimbingan dengan cara klasikal, maka untuk memperluas peran serta TNI di dalam pelayanan kesejahteraan Sosial di Balai RSBKL Dinas Sosial DIY dilaksanakan program Karya Bakti TNI di Bina Karya bekerjasama antara Koramil 02 Tegarejo, Kelurahan Tegalrejo dengan BRSBKL Dinas Sosial DIY yang dilaksanakan pada tanggal 5 April 2021 berupa kegiatan karya bakti, dimana anggota TNI KORAMIL 02 Tegal Rejo dengan ASN Kelurahan Tegal Rejo, ASN BRSBKL Dinas Sosial DIY dan seluruh PPKS BRSBKL unit Karya Dinas Sosial DIY mekalsanakan kerja bakti kebersihan lingkungan.

            Kegiatan Karya Bakti TNI SATKORWIL KORAMIL 02 Tegal Rejo dimulai pada pukul 08.00 s/d 10.00 WIB. Proses kegiatan dimulai dengan Pekerja Sosial mengambil apel Pagi di lapangan BRSBKL Dinas Sosial DIY untuk memberikan motivasi sosial kemasyarakatan agar setiap PPKS agar bersedia mengembangkan peran serta di masyarakat. Pekerja Sosial dalam apel pagi tersebut menginformasikan akan adanya program Karya Bakti TNI berupa kegiatan kerja bakti kebersihan lingkungan secara bersama-sama. Sesudah pemberian motivasi bimbingan sosial kemasyarakat dan pemberian informasi tentang kegiatan, maka acara selanjutnya adalah persiapan kerja bakti dimana Pekerja Sosial beserta unsur ASN Seksi Rehabsos dan anggota TNI dan ASN Kelurahan Tegal Rejo mempersiapkan peralatan kerja bakti dan menentukan lokasi kegiatan, yakni lokasi sekitar Mushola, Asrama PPKS dan sekitarnya. Kemudian Pekerja Sosial bersama unsur ASN Rehabsos mengumpulkan PPKS di depan Mushola. Setelah semua PPKS terkumpul, dilaksanakanlah upacara pembukaan Karya Bakti TNI. Seluruh pserta karya Bakti yang terdiri dari anggota TNI Koramil Tegal Rejo di bariskan beserta seluruh PPKS untuk melaksanakan apel karya bakti yang dipimpin oleh Komandan Koramil 02 Tegal Rejo serta kemudian dibuka oleh Lurah Tegalrejo didampingi Kepala BRSBKL Dinas Sosial DIY beserta jajaran Struktural Balai dan Pekerja Sosial. Kegiatan berlangsung secara dinamis, dimana anggota TNI, Babimkamtibmas, LINMAS, serta seluruh ASN keluarahan Tegal Rejo dan ASN BRSBKL Dinas Sosial DIY secara bersama-sama, bahu membahu membersihkan lingkungan sekitar Mushola Balai RSBKL dan sekitarnya. Tema Karya Bakti adalah Pengabdian Untuk Negeri. Nampak di dalam kegiatan tersebut PPKS  beserta anggota TNI dan seluruh ASN Kelurahan Tegal Rejo dan ASN BRSBKL Dinas Sosial DIY saling bahu membahu, bekerjasama dan tetap menjalankan prokes Kesehatan. 

            Kegiatan tersebut, secara langsung disaksikan oleh Pimpinan Balai RSBKL Dinas Sosial DIY, Lurah Tegal Rejo dan Komandan Koramil yang bersama-sama terlibat secara aktif dalam kegiatan Karya Bakti. Kegiatan tersebut diatur dengan tetap menjaga jarak dan setiap yang terlibat menerapkan standar prokes Kesehatan. Meskipun demikian, suasana guyub rukun terbina sehingga PPKS secara klangsung belajar bersosialisasi dan terdorong untuk dapat meningkatkan kemampuan bermasyarakat dengan baik. Setelah kegiatan berakhir, dilanjutkan dengan acara ramah tamah diantara semua peserta kegiatan Karya Bakti TNI. Nampak dalam kegiatan ramah tamah tersebut, PPKS dapat berkomunikasi dengan baik dengan semua anggota TNI dan ini sangat menggembirakan bahwasanya PPKS dapat terlibat secara aktif dan mampu bekerjasama di dalam kegiatan Karya Bakti TNI. Kedisiplinan ditunjukkan oleh setiap PPKS BRSBKL Dinas Sosial sehingga acara berakhir. (NRW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages