Kegiatan Pertanian Tri Wulan 1 (satu) tahun 2020




Dalam rangka meningkatkan ketrampilan Warga Binaan Sosial Di Balai Rehabilitasi Sosial Bina Karya dan Laras Dinas Sosial DIY, Khususnya para Gelandangan Pengemis agar lebih terampil di Bidang Pertanian maka mulai awal  Bulan Januari  SD April 2020  telah dimulai langkah kegiatan Sbb:

1. Pembukaan Lahan pertanian
 2. Membuat Pesemaian
3. Pengolahan tanah .
4. Penanaman bibit.
5. Penyiraman
6. Pemupukan
7. Pengamatan/ pemberantasan  hama tanaman.



Adapun jenis Tanaman yg telah di tanam sampai dg Akhir April adalah :
1. Jagung Manis.
2. Ubi kayu.
3. Kangkung
4. Kacang Panjang.
5. Sawi
6. Gambas Super.

Adapun jenis pupuk yg di gunakan dlm kegiatan  pertanian antara lain adalah :
1. Pupuk Kandang
2. Urea
3. ZA
4. Pupuk Organik
5. NPK
6. SP 36.
7. KCL
8. Penyemprotan Hama dg Furadhan dan Kurakron


Pemupukan dan penyemprotan Hama disesuaikan dg jenis tanaman dan waktu yg telah direncanakan agar tanaman bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.

Kegiatan  Pertanian  di Balai RSBKL  dlm seminggu dilaksanakan  setiap hari Senin dan Rabu dg durasi setiap pertemuan 1,5 Jam ( 2 Jpl).
 Meskipun dg waktu pertemuan yang sangat terbatas tetapi instuktur Pertanian dg di bantu oleh Seksi PRS Bina Karya di Balai  RSBKL dan pendamping  Sosial/ pekerja Sosial dpt menyelesaikan kegiatan sesuai dg jadwal yg di rencanakan.

Kegiatan Pertanian di Balai RSBKl ini wajib di ikuti oleh setiap Warga Binaan Sosial karena dlm kegiatan ini sejak dari Penyiapan Lahan sampai dg menuai hasilnya (panen) melalui tahap tahap antara lain:

1. Metode/ cara bertani yg baik.
2. Pengerahan tenaga/ gerakan fisik yg benar.
3. Pengaturan waktu yang tepat sesuai musim tanam.

Ke 3 ( tiga) tahapan yg di ajarkan  diatas dlm pertanian  akan selalu di ajarkan pada Tri Wulan berikutnya dengan jenis tanaman yang berbeda beda diharapkan dg mempelajari secara serius dapat mempengaruhi dan memotivasi para Gelandangan dan Pengemis untuk belajar mandiri. Karena segala hasil / panen akan di dapat setelah melalui serangkai proses yang hrs dilakukan.

Dengan mengikuti Kegiatan Pertanian ketrampilan Warga Binaan Sosial  akan meningkat sehingga di harapkan setelah selesai mengikuti Rehabilitasi Sosial di Balai RSBKL para Gelandangan dan Pengemis lebih siap untuk kembali ke Keluarga/ Masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages