RAPAT KOORDINASI BULAN APRIL 2021 BALAI BINA LARAS BALAI RSBKL DINAS SOSIAL DIY

              


              Rapat koordinasi Balai Bina Laras Balai RSBKL Dinas Sosial DIY diadakan rutin setiap bulan, hal ini dilakukan untuk membahas evaluasi bulanan serta menjalin keakraban antar pegawai di Balai Bina Laras. Pada Sabtu, 17 April 2021 Balai Bina Laras mengadakan rapat koordinasi di ruang Aula Balai Bina Laras. Dalam rapat tersebut dihadiri oleh Kepala Balai RSBKL Bapak Hinukoro Aji, S.H, Kepala Seksi Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial Bina Laras Ibu Suryatmiati, S.H, Kepala Seksi Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial Bina Karya Ibu Dra. Setiawati Sujono, Koordinasi Pekerja Sosial Bina Laras Bapak Drs. Sutoyo serta jajaran staff PRS, Pekerja Sosial, Perawat, Pramu Sosial, Satpam, HOK dan Cleaning Service yang ada di Balai Bina Laras.

                Dalam sambutannya Ka. Balai RSBKL, Bapak Hinukoro Aji, S.H. menegaskan kembali dalam ketertiban absensi serta pakaian sragam. Selain itu juga Ka. Balai RSBKL menyampaikan tidak henti-hentinya dalam menjaga protokol kesehatan di dalam Balai. Walaupun sudah divaksin, karyawan harus tetap menerapkan prosedur 3M yaitu mencuci tangan, menggunakan masker, dan menjaga jarak. Ka. Balai RSBKL juga mengingatkan untuk selalu cek suhu sebelum masuk ke lingkungan balai serta selalu menggunakan masker saat melakukan penanganan terhadap warga binaan sosial.

                Bapak Hinukoro Aji, S.H. juga menyinggung rencana pembangunan gedung baru di sebelah utara asrama 5. Pembangunan ini akan dilaksanakan pada tahun 2021. Dalam rencana tersebut akan ada penambahan gedung baru yang terdiri dari ruang isolasi bersama, ruang isolasi mandiri dan ruang bedrest.



                Dalam bahasan Ka. Sie PRS Bina Laras, Ibu Suryatmiyati, S.H. mengingatkan untuk selalu menjaga kekompakan dan kerjasama yang baik antara pegawai di Balai Bina Laras. Kekompakan dan kerjasama adalah salah satu kunci berjalannya suatu Balai untuk memiliki kinerja yang baik. Walaupun ada banyak kendala dikondisi seperti ini karena Covid 19, namun dengan adanya kekompakan dapat menciptakan hasil kinerja yang maksimal.

                Ibu Suryatmiyati, S.H bercerita tentang kunjungan beliau ke Balai Besar Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Intelektual "Kartini" di Temanggung. Beliau berharap hal positif yang ada di Balai Kartini bisa diterapkan di Balai Bina Laras. Hal-hal tersebut meliputi keterlibatan warga binaan sosial dalam melakukan kegiatan sehari-hari seperti mencuci, memasak, serta kegiatan cleaning service. Selama ini yang berjalan di Balai Bina Laras adalah kegiatan cleaning service dan mencuci, kedepan beliau berharap supaya kegiatan memasak dapat diikuti oleh warga binaan sosial.Ka. Sie PRS Bina Karya, Ibu Dra. Setiawati Sujono menambahkanbahwa kegiatan tersebut memiliki potensi menjadi kegiatan bisnis. Untuk aktivitas mencuci bisa diadakan bisnis loundry, memasak diadakan bisnis cafe.



                Dalam sesi diskusi, rekan-rekan Pramu Sosial memiliki inovasi pembuatan jalur kursi roda di dalam bedrest supaya lebih memudahkan akses pengantaran warga binaan sosial untuk keluar masuk ruangan seperti saat jadwal berjemur. Rekan-rekan perawat juga memiliki inovasi untuk pemberian tanda pakaian warga binaan sosial yang terjangkit penyakit kulit untuk dipisahkan serta dijemur di bawah sinar matahari langsung. Hal ini diharapkan mampu mengurangi penularan penyakit kulit  dan membunuh virus/bakteri/jamur yang masih tertinggal di pakaian warga binaan sosial. Usulan dari rekan-rekan HOK adalah pembersihan dan perapian gudang yang ada di dalam dapur agar rapi dan mudah dalam mengakses alat-alat dapur. (Seksi Bina Laras)

No comments:

Post a Comment

Pages