KUNJUNGAN PUSAT REHABILITASI YAKKUM KE BALAI BINA LARAS BALAI RSBKL DINAS SOSIAL DIY



Senin, 19 April 2021 perwakilan dari Pusat Rehabilitasi YAKKUM berkunjung ke Balai Bina Laras yang berlokasi ke Purwomartani. Pusat Rehabilitasi YAKKUM adalah salah satu lembaga di bawah naungan YAKKUM yang sudah lebih dari 38 tahun melayani dan memberikan pemberdayaan kepada Orang dengan Disabilitas beserta dengan penguatan keluarga, masyarakat dan stakeholder. Pusat Rehabilitasi Yakkum menjalankan program pendampingan bagi orang dengan disabilitas psikososial berbasis masyarakat di 3 kabupaten meliputi Sleman, Kulon Progo dan Gunung Kidul dengan tujuan meningkatkan kualitas hidup Orang dengan Disabilitas Psikososial, mandiri secara sosial dan ekonomi dengan melibatkan banyak pihak dan lintas sektoral.

         

Kunjungan Pusat Rehabilitasi YAKKUM ke balai Bina Laras bertujuan untuk menguatkan pemahaman Pusat Rehabilitasi YAKKUM secara utuh tentang isu kesehatan jiwa tidak hanya langsung dalam lingkup masyarakat namun juga dalam konsep panti.

         

Kedatangan diwakilkan oleh 4 anggota dari Pusat Rehabilitasi YAKKUM yaitu Ibu Anggrek, Bapak Fadel, Ibu Dias dan Ibu Citra yang disambut oleh Bapak Hinukoro Aji S.H. selaku Kepala Balai RSBKL Dinas Sosial DIY, Ibu Suryatmiati, S.H selaku Kepala Seksi Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial Bina Laras, Drs. Sutoyo selaku Koordinator Pekerja Sosial Bina Laras, serta Bapak Suprapto, BA. dan Setyo Hari Purnomo, S.Sos selaku Pekerja Sosial Bina Laras.

                       

Bersama rekan-rekan Bina Laras, perwakilan Pusat Rehabilitasi YAKKUM diantar berkeliling Balai Bina Laras untuk melihat kondisi warga binaan sosial. Mulai dari area bedrest, asrama hingga ruang pemeriksaan Bapak Hinukoro Aji S.H. bersama rekan-rekan menjelaskan aktivitas, kondisi serta mengenalkan warga binaan sosial. Selain itu, kunjungan ini mendiskusikan tentang isu kesehatan jiwa.

                     

Harapan kedepan antara Balai RSBKL khususnya Bina Laras dan Pusat Rehabilitasi YAKKUM bekerja sama secara resmi dalam mengembangkan program pendampingan disabilitas jiwa. Program tersebut meliputi wacana untuk pengembangan konsep kesehatan jiwa, memungkinkan warga binaan sosial Bina Laras berinteraksi dengan masyarakat sekitar dan pendekatan kesehatan jiwa secara komprehensif.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages