PPL UIN Alaudin Makasar


PPL UIN Alaudin Makasar


Pada hari Sabtu tanggal 9 Agustus 2019, 10 (sepuluh)  Mahasiswa dan Mahasiswi dari Universitas Islam Negeri Alaudin Makasar telah selesai melakukan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di Balai RSBKL Dinsos DIY. Sebelum dilepas oleh Ka Sub Bag Tata Usaha, melakukan presentasi karya tulis berupa laporan kegiatan selama berada di Balai RSBKL.  Meskipun dengan beberapa koreksi dan masukan dalam presentasinya, tetapi para mahasiswa ini dengan senang hati akan merevisi laporan yang di buatnya.

Kehadiran para Mahasiswa di BRSBKL ini berdasarkan nota dinas dari Ka Dinas Sosial DIY kepada Ka. Balai RSBKL No. 870/08960/1.3 tertanggal 26 Juli 2019. Ke 10 (sepuluh) mahasiswa jurusan PMI Konsentrasi Kesejahteraan Sosial ini terdiri 8 (delapan) pria dan 2 (dua) wanita. Berdasarkan ketugasannya dari Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Makasar ini ke Dinas Sosial DIY, mereka telah melaksanakan Praktek Pengenalan Lapangan dari tanggal 26 Juli sd 9 Agustus 2019.

Dalam pelaksanaan di BRSBKL ini para Mahasiswa dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu:
1.   Kelompok pertama terdiri dari 4 (empat) mahasiswa bertugas mendampingi eks Disabilitas Mental yang berada di rumah singgah.
2. Kelompok kedua sebanyak 6 (enam) mahasiswa bertugas mendampingi Gepeng dan Pemulung yang menjadi Warga Binaan Sosial di BRSBKL.


Meskipun PPL yang dilaksanakan hanya berlangsung 2 minggu, tetapi para mahasiswa bisa menjalankan kegiatannya secara Efektif dan Efisien dalam menggunakan waktu yang ada. Terbukti setiap kegiatan dan bimbingan terhadap Warga Binaan Sosial selalu dihadirinya.
Dalam kegiatan PPL nya para mahasiswa mendapat bimbingan dari para Pekerja Sosial dan Pendamping Kegiatan Rumah Singgah di BRSBKL.

Bimbingan ini meliputi : 
1. Pendekatan awal  kepada WBS.
2. Pendampingan setiap kegiatan WBS.
3. Bimbingan Sosial yang dilaksanakan kepada WBS.
4. Penulisan laporan Akhir PPL.


Pelayanan dan Bimbingan kepada para mahasiswa yang melaksanakan PPL ini merupakan salah satu fungsi dari BRSBKL sebagai tempat informasi Usaha Kessos dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan Sosial khususnya  tentang Gelandangan, Pengemis, Pemulung dan eks Disabilitas Mental.

Dengan kehadiran para mahasiswa dari UIN Makasar ini setidaknya terdapat 2 manfaat yang diperoleh.

    1. Bagi mahasiswa akan menambah wawasan dan pengalamannya guna melengkapi teori yg selama ini dipelajari.
   2. Bagi BRSBKL mendapat pengetahuan baru tentang Ilmu Pekerjaan Sosial yang sekarang diajarkan di Perguruan Tinggi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages