Hasil Produk Pertanian Terong WBS Bina Karya

     Yogyakarta- Pada hari Senin 29 Juli 2019. Warga Binaan Sosial yaitu para Gepeng dan Pemulung di BRSBKL Dinas Sosial DIY telah melakukan panen Terong yang ditanam  dengan Media Polibek. 

tanaman terong dengan polibek oleh Warga Binaan Sosial Bina Karya

    Penanaman dengan media Polibek ini yang merupakan bagian  dari pelatihan ketrampilan Pertanian yang dilaksanakan di BRSBKL. Dipilihnya Media Polibek ini dimaksudkan untuk melatih Para Gepeng dan Pemulung agar bisa melakukan kegiatan pertanian meskipun dengan lahan yang terbatas. Disamping itu dari segi estetika akan menambah ke indahan lingkungan Balai. Jenis tanaman yg sekarang ditanam di Balai RSBKL  dengan Polibek adalah Terong, Cabai dan Tomat.

      Menurut Instruktur Pertanian Bp.Ngadiyono bahwa agar tanaman dipolibek sehingga dapat tumbuh subur seperti yang ada di Balai RSBKL ini. Adapun cara yang di lakukan yaitu dengan :

 1. Tahap Persiapan  
     a. Menyiapkan polibek, bibit yang akan ditanam, pupuk serta peralatan pertanian.

 2. Media tanam berupa Pupuk Organik 1 (satu) bagian,Pupuk NPK sesuai kebutuhan untuk merangsang akar serta Tanah 1 (satu) bagian.

 3. Perawatan dengan penyiraman dan pemberian pupuk  secara rutin serta pemangkasan tunas yang mengganggu setiap 5 (lima) s/d 7 (hari) dan dilakukan evaluasi.

      Langkah-langkah tersebut diatas telah diajarkan Kepada Warga Binaan Sosial di Balai RSBKL dan telah membuahkan hasil yang cukup baik.

tanaman terong yang sudah mulai berbuah

      Bimbingan ketrampilan Pertanian ini merupakan salah satu bentuk pembelajaran dari ketrampilan pertanian yang mengandung 3 (tiga)  aspek yaitu :
   
 1. Agar para Gepeng dan Pemulung berlatih ketekunan / kesabaran bahwa hasil panen itu diperoleh setelah melalui proses tahap demi tahap.(Aspek Edukasi).

2. Apabila tanaman itu telah menghasilkan dan laku untuk dijual berarti akan mendapatkan penghasilan dan keuntungan (Sspek Ekonomis Produktif).

3. Pelaksanaan Kegiatan pertanian ini di lakukan secara gotong royong dan kerja sama  antar Warga Binaan Sosial sehingga menumbuhkan rasa solidaritas dilingkungan Balai RSBKL (Aspek Sosial).

kegiatan para Warga Binaan Sosial Bina Karya dalam memanen terong

      Melalui pelatihan ketrampilan Pertanian yang telah dilaksanakan di Balai RSBKL inilah baik secara langsung atau tidak langsung dapat memberikan pemahaman kepada Warga Binaan Sosial yang meliputi 3 Aspek sekaligus yaitu Edukasi, Ekonomis Produktif dan Sosial. 
     Sehingga setelah selesai mengikuti Rehabsos Di BRSBKL ini, nantinya diharapkan Warga Binaan Sosial mengalami perubahan sikap dan lebih siap lagi kembali ke Masyarakat atau Keluarganya.

hasil dari ketrampilan Warga Binaan Sosial Bina Karya bidang pertanian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages