Relaksasi Warga Binaan Sosial ke Museum Merapi dan Taman Kaliurang Yogyakarta

Apa yang paling disukai manusia ketika otak dan jiwa merasa letih dan lelah? Jika Anda menjawab piknik atau rekreasi, jawaban anda tepat.
Hal inilah yang kami berikan kepada para Warga Binaan Sosial Balai RSBKL Yogyakarta, tepatnya dilaksanakan pada tanggal 26 Agustus 2017. Tujuannya adalah melepas kejenuhan, kebosanan, atau rasa suntuk yang menggelayuti jiwa Warga Binaan Sosial karena setiap hari selalu ada di dalam balai. Warga Binaan yang ikut dalam kegiatan relaksasi ini adalah seluruh Warga Binaan Sosial Bina Karya sekaligus Warga Binaan Bina Laras. Didampingi beberapa pegawai dan perawat, seluruh Warga Binaan Sosial ramai-ramai diboyong menuju objek wisata. Waktu baru menunjukkan pukul 07.30, dan rombongan kami mulai meluncur menuju objek wisata. Wajah yang berseri-seri tergambar jelas di wajah para Warga Binaan Sosial, khususnya Warga Binaan Sosial Eks Psikotik.

Warga Binaan Sosial diajak berkeliling melihat Museum Merapi
Dengan menggunakan armada bus 4 buah dan kendaraan lainnya, Warga Binaan Sosial diajak untuk sejenak menghilangkan kejenuhan selama mengikuti pendidikan di Balai RSBKL. Objek Wisata yang dikunjungi ada 2 buah destinasi, yaitu objek wisata Museum Merapi dan Taman Kaliurang yang kedua objek tersebut berada di Daerah Wisata Kaliurang Yogyakarta. Di Museum Merapi Warga Binaan Sosial diajak berkeliling melihat keindahan ciptaan Tuhan Yang Maha Esa dalam berbagai citraan melalui gambar, foto, diorama,contoh batuan dan juga film dokumenter. Disana Warga Binaan Sosial juga menonton film dokumenter mengenai Gunung Merapi, mulai dari proses terbentuknya lava, kejadian meletusnya Gunung Merapi dari dulu hingga sekarang sampai dengan cara penanganan evakuasi jika terjadinya letusan.
Beberapa jenis batuan koleksi Museum Merapi


Warga Binaan Eks Psikotik berfoto bersama

Setelah puas berkeliling di Museum Merapi, kegiatan relaksasi dilanjutkan ke objek wisata kedua yaitu Taman Kaliurang, disana Warga Binaan Sosial bisa beristirahat dan makan bersama disana, dengan udara yang cukup dingin dan sejuk Warga Binaan Sosial dapat menikmati indahnya alam dan bermain dalam berbagai wahana yang ada di Taman Kaliurang. Setelah selesai makan bersama dan istirahat sejenak, Warga Binaan Sosial mengikuti permainan kelompok yaitu bermain memindahkan kelereng dengan paralon. Warga Binaan Sosial dituntut untuk dapat memindahkan kelereng dari ujung dengan bantuan paralon yang disambung dan dibawa klien agar tidak jatuh sampai ujung satunya.

WBS Eks Psikotik sedang bermain permainan paralon dan kelereng

Permainan tersebut sangat menyenangkan dan membuat tawa semua yang hadir di tempat tersebut, terkadang ada yang jatuh dan harus mengulang dari awal, namun kekompakan yang terjalin sangatlah kental dan dapat memupuk persahabatan antar klien. Mengakhiri kegiatan relaksasi tersebut, bersama sama pembimbing bernyanyi bersama dan bergoyang bersama penuh keceriaan. 


WBS bernyanyi bersama

Demikian tadi kegiatan relaksasi yang dilaksanakan Balai Rehabilitasi Sosial Bina Karya dan Laras, semoga dengan kegiatan tersebut Warga Binaan Sosial menjadi lebih tersegarkan jiwa dan dan raganya, sehingga diharapkan dapat kembali mengikuti bimbingan di Balai RSBKL Yogyakarta dengan penuh semangat dan suka cita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages