Pelayanan Rehabilitasi Sosial BRSBKL Yogyakarta


PELAYANAN REHABILITASI SOSIAL BRSBKL YOGYAKARTA

Balai Rehabilitasi Sosial Bina Karya dan Laras (BRSBKL) Yogyakarta adalah salah satu UPTD dari Dinas Sosial DIY yang menangani permasalahan gelandangan dan pengemis (gepeng) dan eks psikotik atau juga bisa disebut Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).
Saat ini BRSBKL menangani warga binaan sosial sejumlah 300 orang, yang terdiri dari warga eks psikotik 250 orang dan warga gepeng 50 orang.
Adapun tempat pemberian rehabilitasi sosial ada di dua tempat, yaitu untuk warga gepeng berada di Jl. Sidomulyo TR IV/369, Bener, Tegalrejo, Yogyakarta dan untuk warga eks psikotik bertempat di Karangmojo, Purwomartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta.
Bentuk Rehabilitasi Sosial di Balai RSBKL Yogyakarta untuk Warga Binaan Sosial Gepeng dan eks psikotik adalah bimbingan mental, sosial dan keterampilan. Adapun jenis keterampilan tersebut adalah pertanian, perikanan, pertukangan (las, kayu, batu), menjahit, kerajinan tangan dan home industri. Selain itu warga juga disalurkan untuk usaha angkringan. Usaha Angkringan ini BRSBKL Yogyakarta bekerjasama dengan Mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta.
Semua pelayanan rehabilitasi sosial ini bertujuan untuk bekal bagi para warga binaan sosial agar bisa hidup secara wajar dan mandiri.
Untuk waktu Pelayanan Rehabilitasi Sosial di BRSBKL Yogyakarta adalah selama 1 sampai 1,5 tahun. Setelah mendapatkan pelayanan rehabilitasi sosial, warga binaan yang mampu mengikuti keterampilan dengan baik, maka warga binaan sosial tersebut diberikan kesempatan untuk Paktek Kerja Lapangan di Dunia Usaha.

Diharapkan setelah mengikuti pelayanan rehabilitasi sosial, warga binaan sosial bisa lebih terampil, mandiri, dan bisa hidup secara layak di masyarakat.


Pemberian bimbingan sosial terhadap warga binaan sosial


Kerjasama antara BRSBKL Yogyakarta dengan Universitas PGRI Yogyakarta
untuk kegiatan Usaha Angkringan bagi Warga Binaan Sosial


Keterampilan pertukangan batu Warga Binaan Sosial


Hasil keterampilan pertanian Warga Binaan Sosial


Pekerja Sosial melaksanakan Monitoring dan Evaluasi terhadap warga Binaan Sosial yang melaksanakan Praktek Kerja Lapangan di Bengkel Las 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages